Breaking

Partisi Lipat Ruangan Adalah Cara Terbaik Membagi Ruangan Menjadi Lebih Fungsional

Partisi Lipat Ruangan Adalah Cara Terbaik Membagi Ruangan Menjadi Lebih Fungsional

     
       Salah satu keunnggulan partisi lipat adalah membuat ruangan menjadi lebih fungsional. Dengan begitu kita bisa beraktivitas sesuai dengan fungsi ruangan sehingga tidak ada ruangan yang tidak terpakai. Yuk simak keuntungan partisi lipat selengkapnya disini!

partisi-lipat-ruangan

     Salah satu kriteria bangunan adalah memiliki banyak ruangan. Entah bangunan itu dalam bentuk rumah atau kantor. Tujuannya adalah untuk memudahkan aktivitas. Kalau pun sudah dibangun banyak ruangan, kita masih membutuhkan partisi lipat untuk menambah ruangan yang masih kurang.
      Penggunaan partisi ini sangat bermanfaat bagi kita. Apalagi bagi model rumah yang sempit namun anggota keluarga banyak. Antara dapur, dan ruang makan biasanya menjadi satu. Untuk memisahkannya, kita memerlukan partisi. Selain itu, partisi juga dipakai untuk kantor-kantor. Memisahkan ruangan pimpinan dengan karyawan kebanyakan menggunakan partisi.

Kenali Dulu Sejarah Partisi Lipat

      Dulu, partisi dalam bentuk tradisional selalu ada di dalam rumah Jawa kuno yang disebut dengan gebyok. Gebyok ini terbuat dari kayu tebal dan dihiasi dengan semi ukiran Jawa yang khas. Begitu cantik dan terlihat sangat klasik.
     Bagian rumah yang menggunakan gebyok ini biasanya bagian rumah belakang. Ruangannya terdiri dari 3 buah, yang disebut dengan sentong. Sentong pinggir kanan kiri ini biasanya dipakai sebagai kamar tidur dan sentong tengah dipakai untuk menyimpan barang pecah belah, atau barang lainnya (bisa juga dikatakan sebagai gudang tradisional).
      Kini orang modern juga masih memerlukan gebyok untuk rumah minimalisnya atau kantornya. Namun modelnya adalah dalam bentuk partisi. Model yang  paling terbaru adalah partisi lipat. Partisi ini lebih mudah dipakai, bisa dilipat, modern, dan banyak model dengan desain yang menarik serta dinamis.
       Model dari partisi ini lebih condong ke model partisi yang banyak dipakai orang Jepang. Bisa kita lihat di film-film Jepang, yang menggunakan partisi lipat sebagai penyekat rumah. Mereka tidak membuat ruang dengan banyak ruangan. Mereka lebih memilih menggunakan partisi untuk mendapatkan manfaat praktisnya.
      Tidak ribet membuat dinding tembok lagi. Tinggal pasang partisi, ruangan untuk bisa langsung digunakan. Memasangnya pun mudah dan ruangan pun sama nyamannya dengan ruangan yang menggunakan dinding tembok. 
partisi-lipat-terbaik

Manfaat Memasang Partisi Lipat dalam Ruangan

      Manfaat praktis yang akan kita dapatkan dari partisi lipat bisa kita rasakan langsung. Kantor menjadi lebih nyaman karena ruang kerja lebih terprivasi. Rumah pun menjadi lebih nyaman karena aktivitas sesuai dengan ruangan yang kita tempati. 
Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan partisi lipat :
  1. Meredam Suara 

           Sama dengan menggunakan dinding tembok, ruangan dengan partisi ini bisa meredam suara. Suara kita saat berbicara di dalam ruangan pun tidak akan terdengar dari luar ruangan. Kita menjadi lebih nyaman dalam beraktivitas.
  2. Rumah atau kantor menjadi lebih rapi

          Rumah tidak terlihat sumpek dan sempit karena menggunakan satu ruangan untuk banyak aktivitas. Akibatnya ruang menjadi kurang tertata. Banyak aktivitas yang saling bertubrukan. Namun setelah menggunakan partisi, kita bisa beraktivitas dengan nyaman sesuai dengan kegunaan ruangan. Penempatan barang-barang pun menjadi lebih teratur sesuai dengan kegunaannya di ruang masing-masing.
  3. Ruangan-ruangan menjadi lebih fungsional

          Ruangan bisa digunakan dengan maksimal dengan penuh rasa nyaman. Fungsi dari ruangan benar-benar bisa dirasakan demi kemudahan aktivitas sehari-hari.
  4. Banyak pilihan desain

           Partisi lipat ini sama halnya dengan gebyok Jawa. Ada ukirannya yang menjadi hiasan khusus. Namun tema dari desainnya ini lebih modern dan tidak seramai ukiran gebyok.
  5. Harganya pun ramah di kantong

           Sesuai dengan fungsinya, harga partisi lipat ini bisa dijangkau semua orang. Jika dibandingkan dengan partisi triplek, harga partisi ini lebih mahal. Namun sudah seimbang dengan fungsinya.
  6. Mudah untuk dipasang

           Pemasangan dari partisi model lipat ini pun mudah. Kita bisa memasangnya sendiri atau mengundang tukang. Sudah ada panduan pemasangan. Selain itu, bagian-bagiannya pun juga mudah untuk dirakit dan dipasang.
  7. Mudah didapat

           Sudah banyak penjual praktisi model lipat ini. Kita bisa membeli di mana saja. Bahkan pembelian online pun tersedia. Banyak model di katalog onlinenya. Tinggal klik untuk memilih dan barang akan dikirim sampai rumah.
  8. Struktur pondasi yang ringan 

         Tidak membuat struktur pondasi bangunan rumah atau kantor menjadi terbebani. Ini dikarenakan massa dari partisi lipat yang kecil, sehingga lebih ringan. Jika menggunakan tembok, maka struktur rumah harus menopangnya sehingga lebih terbebani.
  9. Awet

          Partisi model lipat ini pun juga sama awetnya dengan tembok. Bisa dipakai dalam waktu yang lama tanpa ada kerusakan yang berarti. Apalagi jika memilih yang berbahan kayu, maka akan lebih awet.
  10. Hemat waktu

           Pemasangan partisi model lipat ini lebih cepat. Tidak perlu waktu lama sama seperti saat membuat tembok. Pemasangannya pun dilakukan setelah bangunan jadi.
     
       Memang sudah banyak keuntungan yang akan kita dapatkan jika menggunakan partisi model lipat ini. Ruangan rumah atau kantor menjadi lebih teratur dan rapi. Ruangan juga menjadi lebih hidup karena berfungsi dengan maksimal. Jika kebanyakan ruangan, maka akan banyak yang akhirnya tidak dipakai. Namun jika kurang jumlah ruangan, kita akan kerepotan atau kebingungan. Maka dari itulah, partisi lipat hadir untuk membuat ruangan rumah menjadi lebih fungsional.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
wa
telepon