Breaking

Perbandingan Jenis Pintu Geser dan Pintu Lipat

Pintu Geser dan Pintu Lipat


Ada dua jenis pintu yang perlu kita pertimbangkan, apabila Anda bosan menggunakan pintu yang umum Anda gunakan. Kedua jenis pintu ini adalah pintu adalah pintu lipat dan pintu geser. Kedua pintu tersebut sangat cocok untuk dijadikan penghubung antar ruang umum dengan ruang taman yang ada di bagian belakang rumah. Hal ini akan membuat rumah lebih menyatu dengan alam dan memperlebar bukaan. Penghuni rumah seakan-akan bercengkrama di taman. Lalu menurut Anda diantara keduanya, pintu manakah yang lebih cocok untuk rumah Anda? Berikut kami ulas perbandingan dari kedua pintu tersebut.


Perbandingan Pintu Geser dan Pintu Lipat


Model Pintu

Kalau soal model dan desain, tentu saja pintu geser lebih unggul dan lebih baik dibandingkan dengan pintu lipat. Ada banyak sekali desain pintu geser yang keren dan menarik. Pintu geser mempunyai motif-motif yang unik dan keren, tanpa tergantung banyaknya frame pintu, misalnya Anda memiliki dua pintu geser kaca tipe berpasangan dengan ukuran 3m, maka Anda bisa mengubah space 3 meter tersebut dengan motif-motif yang sesuai dengan keinginan Anda, seperti gambar wayang, binatang, pemandangan, abstrak dan motif-motif lainnya. Hal ini tidak bisa didapatkan ketika Anda menggunakan pintu lipat, karena motifnya akan terpotong dengan frame pintu.

Labar Pintu

Dalam hal membuka pintu, tentu saja pintu lipat juaranya. Pintu lipat bisa terbuka maksimal dari ujung kanan sampai ujung kiri secara maksimal. Dan juga pintu lipat hanya membutuhkan sedikit tempat untuk menaruh lipatannya. Sementara itu pintu geser ada beberapa panel yang tidak bisa terbuka secara maksimal, karena pasti ada pintu yang tidak bisa digeser lagi kalau sudah mentok ke pinggir. Semakin sedikit jumlah panel pintunya semakin besar space yang tidak terbuka.
Misalnya pintu geser dua panel, maka separuh dari panel pintunya tidak bisa terbuka. Pintu geser tiga panel, maka sepertiga dari panel pintunya tidak bisa dibuka. Untuk ukuran yang cukup lebar misalnya mulai 4 meter, bisa saja Anda membuat lebih banyak panel mungkin sebanyak 6 panel. Tapi, tentu saja membutuhkan banyak biaya untuk memasang traack atau railling pada pintu geser tersebut. Jadi dalam maksimalisasi pintu lipat lebih unggul.

Kebutuhan dan Kondisi Rumah

Tentu saja dalam memilih antara pintu lipat atau pintu geser perlu memperhatikan kebutuhan dan kondisi rumah. Jika rumah Anda cukup lebar dan tidak ada barang apapun yang diletakkan didekat pintu, maka pintu lipat adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Hal ini karena pintu lipat membutuhkan space ruangan yang banyak untuk lipatannya. Sementara pintu geser bisa bergeser ke samping tanpa mengganggu tempat yang lain. Ini berarti bahwa pintu geser cocok untuk rumah yang berukuran kecil dan mempunyai banyak barang di ruangan tersebut. 

Harga Pintu

Pada akhirnya, semua kembali lagi ke masalah harga, karena ketika Anda ingin memasang pintu geser ataupun pintu lipat tetapi budget Anda belum cukup maka Anda belum bisa memasang salah satu pintu tersebut. Berbicara soal harga mungkin Anda mengira bahwa pintu lipat lebih mahal dibanding dengan pintu geser. Pintu lipat lebih sulit proses pembuatannya dan membutuhkan komponen yang lebih banyak. Tapi coba Anda bandingkan harga pintu lipat 5 meter dengan harga pintu geser 5 meter, Anda akan dapati bahwa pintu lipat ternyata lebih terjangkau. Harga untuk 5 meter pintu geser lebih mahal karena dihitung dari biaya dari jumlah panel dan track dari pintu geser tersebut serta harga untuk membuatnya. Tapi sebaiknya Anda tanyakan dulu kepada para produsen untuk membandingkan harga antara pintu lipat dengan pintu geser, tentunya menanyakan kualitasnya juga sehingga Anda mendapatkan pintu yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
wa
telepon